Perintis Linux dan Open Source Munich Beralih ke Produk Microsoft - HeyTUX!

Breaking

Wednesday, October 04, 2017

Perintis Linux dan Open Source Munich Beralih ke Produk Microsoft

Linux Munich [Credits: Fossbytes]
Awal tahun ini, sekitar bulan Maret, dilaporkan bahwa perintis sistem open source Eropa bernama Munich, telah memutuskan untuk meninggalkan Linux dan mengadopsi sistem operasi Windows. Kemudian, setelah adanya serangan WannaCry, Green Party memperingatkan bahwa perpindahan ke Windows memang terlalu beresiko.

Dalam perkembangan terbaru, menurut laporan dari Tech Republic, Munich telah berupaya cukup keras untuk beralih ke produk Microsoft. Seperti yang didapat dari sumber di dewan kota, ktoa telah mulai beralih ke Microsoft Exchange untuk berkirim surel dan mengganti suite Kolab yang berbasis open source. Kolab pertama kali dipasang di kota sebagai hasil dari proyek selama empat tahun, yang selesai di bulan Januari 2017.

Perkembangan serupa juga ditemukan oleh situs berita Jerman, Heise, yang menyimpulkan bahwa sistem email baru yang dipakai oleh Munich itu adalah Microsoft Exchange.

Namun, Direktur IT di Karl-Heinz Schneider berkata bahwa informasi tentang produk atau aplikasi apapun yang digunakan pada komputer milik pihak administratifnya tidak dapat dibeberkan ke umum karena alasan keamanan.

Langkah ini juga menarik perhatian para aktivis sistem software bebas dan gratis. "Dalam pertemuan dewan kota pada bulan Februari, Walikota Reiter mengatakan bahwa migrasi ulang hanyalah untuk proses pemeriksaan," kata Matthias Kirschner, pemimpin dari Free Software Foundation Europe (FSFE).

Bagaimanapun, segala hasil akhir dari pengembangan tersebut, memang agak mengecewakan jika salah satu pemenang di dunia open source malah berpindah dari teknologi gratis tersebut. Tapi, apapun hasilnya haruslah tetap diterima. Jadi, bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini? Jangan lupa bagikan pandangan Anda dan feedback Anda melalui kolom komentar.

***

No comments:

Post Top Ad

Responsive Ads Here