Lima Platform Games untuk Sistem Operasi Xubuntu - HeyTUX!

Breaking

Tuesday, October 10, 2017

Lima Platform Games untuk Sistem Operasi Xubuntu

Apakah teman-teman di sini ada yang berencana untuk pindah ke Linux? Kalau iya, apakah belum berpindah juga karena alasan takut tidak bisa main games? Kalau cuma itu alasannya, teman-teman tidak perlu khawatir. Di sistem operasi Linux, kini sudah banyak komunitas yang mengembangkan berbagai games khusus Linux yang pastinya tidak kalah menarik dengan games dalam sistem operasi yang biasa teman-teman pakai. Dan yang lebih utama, pastinya games tersebut berbasis open source, alias sumber terbuka, sehingga tidak perlu membeli lisensi untuk memasangnya ke dalam OS Linux teman-teman.

Nah, pada artikel kali ini, HeyTUX akan membahas tentang permainan apa saja yang bisa kalian mainkan di OS berbasis Linux. Untuk distro Linux yang kami pasang kali ini adalah Xubuntu 16.04 - Xenial Xerus. Dalam Xubuntu sudah terpasang Ubuntu Software Center, semacam apps store khusus OS berbasis Ubuntu. Berhubung Xubuntu juga masih basis Ubuntu, maka aplikasi ini dipasang secara default ke dalam Xubuntu. Di dalam Ubuntu Software Center, banyak sekali rekomendasi package yang kalian butuhkan, dan kalian bisa memilihnya sesuai kategori. Jadi, tidak perlu lagi apt-get install atau aptitude install melalui terminal. Teman-teman pengguna Ubuntu yang masih awam pun bisa melakukan instalasi package Ubuntu melalui Ubuntu Software Center.

Preview Ubuntu Software Center

1. SuperTux 2

SuperTux 2, salah satu games yang bisa dipasang di Xubuntu juga bisa didapatkan melalui Ubuntu Software Center. Games ini sekilas mirip seperti games Super Mario, tetapi memiliki jalan cerita sendiri yaitu tentang seekor pinguin yang ingin menyelamatkan teman pinguinnya. 

Preview SuperTux 2

2. SuperTux Kart

Selain SuperTux 2, pengembang games ini juga mengembangkan SuperTux ke dalam model games racing bernama SuperTux Kart. SuperTux Kart kurang lebih mungkin seperti alternatif CTR yang bisa dipasang dalam OS berbasis Linux. Ada beberapa mode balapan yang bisa dipilih. Selain itu, tidak hanya mode single player, games ini juga bisa dimainkan bersama teman atau lawan bot dengan mode multiplayer.

Preview SuperTux Kart

3. Hedgewars

Masih ingat dengan games Worm Worlds Party (WWP)? Games di mana kita memilih tim cacing dan akan berperang melawan cacing lain yang mungkin adalah bot atau komputer, bahkan teman kita yang bermain mode multiplayer. Nah, ternyata games ini juga dikembangkan oleh beberapa pengembang aplikasi games untuk Linux, dengan nama Hedgewars. Perbedaan paling utama adalah pada karakter. Karakter WWP tentu saja cacing, sementara Hedgewars adalah landak. Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada template, theme, maps, dan mode background tempat perang yang bisa diunduh dari community Hedgewars. Di bagian "Downloadable Content", teman-teman akan bisa menemukan beberapa packages atau hotfixes tambahan untuk games ini yang dikembangkan oleh komunitas pengembang Hedgewars. Jadi, selain bisa bermain mode default, teman-teman juga bisa mencoba mode lain yang mungkin lebih seru.

Preview Hedgewars

4. llk_linux

Games ini namanya memang sulit disebut, namun kalau teman-teman coba install, games ini sebenarnya adalah Onet versi Linux! Ingat Onet bukan? Games yang seperti bermain Mahjjong, namun dengan karakter Pokemon. Games ini masuk dalam kategori board games di Ubuntu Software Center, dan untuk menghilangkan semua board Pokemon yang ada, teman-teman hanya bisa mencocokkannya dengan board yang sama sejauh dua langkah atau dua garis saja. Kurang lebih memang sangat Onet games-nya. Jadi, bagi teman-teman yang sudah familiar dengan Onet, pasti sudah tidak asing lagi.

Preview llk_linux

5. Steam

Siapa yang tidak tahu Steam? Para gamers pastinya sudah tahu salah satu distributor games digital milik Valve ini. Steam menyediakan banyak games dan perangkat lunak lain yang dapat diunduh ke sistem operasi Linux kalian dengan membeli atau langsung mengunduhnya jika aplikasi yang ada di Steam Store memang gratis. Ada banyak games yang bisa diunduh, baik berbayar maupun gratis dan tersedia untuk Linux, walau tidak semua games mendukung OS Linux.

Preview Steam di Linux
Beberapa contoh games gratis yang mendukung Linux antara lain Dota 2, Left 4 Dead, Forgotten Lore, Chopper: Attack Helicopters, dan masih banyak lagi. Teman-teman bisa mencarinya sendiri setelah memasang Steam di Linux.

Untuk tata cara pemasangan aplikasi Steam di Xubuntu ada di bawah ini (berlaku juga untuk Xubuntu, Linux Mint, Kubuntu, Lubuntu, dan sistem operasi lain yang berbasis Debian atau yang memakai aptitude dalam instalasi package-nya):

$ sudo add-apt-repository multiverse
$ sudo apt-get update && sudo apt-get install steam


Dan voila! Steam sudah terpasang di Ubuntu teman-teman semua.

Nah, itulah lima games yang cukup menyenangkan untuk dipasang di sistem operasi Linux teman-teman. Jadi, ketika sedang bosan atau ingin menghilangkan penat, teman-teman tidak perlu repot-repot untuk berpindah ke telepon genggam hanya untuk cari hiburan, karena di Linux pun sudah ada games yang mendukung sistem operasi tersebut.

Selamat mencoba!

No comments:

Post Top Ad

Responsive Ads Here